Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Masalah Gagal Update Di Appstore

Cara Mengatasi Tidak Dapat Memperbarui App Di Iphone - Belum lama ini saya diberi iPhone oleh kakak saya dan itu merupakan pengalaman pertama saya menggunakan device iPhone. 

Pertama kali saya mengoperasikan iPhone ini membuat saya cukup kebingungan, mulai dari bagaimana cara membersihkan aplikasi yang berjalan dibalik layar, mengupdate aplikasi, mengganti akun id iphone, dan sebagainya yang masih belum saya ketahui.

Ketika itu, saya harus mengganti akun id iphone yang ada dengan akun id phone baru saya. Prosesnya pun juga cukup rumit, tetapi menurut saya ini semua demi keamanan. Mengingat iPhone berusaha keras untuk melindungi data pribadi dan privasi milik pengguna. 

Setelah itu, saya mengalami beberapa masalah, seperti tidak dapat terhubung ke app store. Padahal, kondisi koneksi internet saat itu sangat stabil dan tidak ada gangguan. Saya mencoba membuka browser dan mengakses google, hasilnya situs google dapat terakses dengan lancar.
Cara Mengatasi Masalah Gagal Update Di Appstore


Baru pertama kali ini, saya mengalami masalah seperti ini ketika menggunakan iPhone. Selain itu, juga ada masalah lain ketika menggunakan iPhone second hand. Seperti, tidak dapat mengunduh aplikasi di app store.

Tetapi harus saya akui, peforma ketika menggunakan iPhone dengan smartphone berbasis Android sangat beda jauh. Adapun beberapa faktor mengapa iPhone lebih unggul dibanding Android dari segi peforma.

Tetapi, tetap saja tidak sepenuhnya iPhone unggul dari smartphone berbasis Android. Contohnya, seperti kebanyakan aplikasi yang ada di app store berbayar. Ataupun, tidak dapat sepenuhnya memiliki hak akses di iPhone.

Nah, dari berbagai masalah ketika saya menggunakan iPhone. Kali ini, saya akan membahas salah satu masalah tersebut. Yaitu, tidak dapat memperbarui aplikasi di app store. Tentu ini, akan sangat berpengaruh pada aplikasi yang digunakan.

Pada dasarnya memperbarui aplikasi merupakan hal kewajiban yang harus dilakukan oleh pengguna. Karena developer akan memperbaiki beberapa bug yang ada maupun penambahan fitur yang dapat menambah daya tarik dari aplikasi tersebut.

Maka dari itu jika tidak dapat memperbarui aplikasi, akan berimbas pada aplikasi yang digunakan. Apalagi jika aplikasi tersebut yang berisi data pribadi ataupun keuangan. Contohnya, aplikasi Whatsapp dan aplikasi E-Wallet. Jadi, tidak boleh sampai tertinggal pembaharuan aplikasi tersebut.

Atau yang lebih berbahaya lagi jika kehilangan akun atau data yang ada pada aplikasi tersebut di curi. 

Cara Mengatasi Masalah Gagal Update Di Appstore


Penyebab Tidak Dapat Memperbarui Aplikasi di App Store

Sebenarnya ada banyak faktor kenapa tidak dapat memperbarui aplikasi di app store. Karena, ini berkaitan dengan 2 hal yaitu koneksi internet yang digunakan atau perangkat yang digunakan. Sebelum langsung solusi, alangkah baiknya kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Tidak semua orang yang memiliki masalah yang sama tetapi bisa jadi penyebabnya berbeda - beda. Begitupun dengan kasus disini, bisa saja penyebab yang saya alami berbeda dengan penyebab yang kalian alami.


Koneksi Internet Tidak Lancar atau Gangguan

Ini penyebab yang paling umum, ketika hendak memperbarui atau meng-update aplikasi di app store sudah seharusnya membutuhkan koneksi internet yang lancar dan stabil. Jika layanan provider yang kita gunakan sedang mengalami gangguan tentu saja tidak dapat memperbarui aplikasi.

iOS Tidak Kompatibel Dengan Versi Aplikasi Terbaru

Pembaharuan aplikasi juga perlu memperhatikan versi iOS yang digunakan. Apabila iOS yang kita gunakan tetap up to date tentu akan menambah peforma perangkat iPhone yang kita gunakan. Jadi, kita perhatikan terlebih dahulu apakah aplikasi versi terbaru kompatibel dengan versi iOS yang kita gunakan?


Aplikasi Terikat Dengan Apple ID Yang Berbeda

Tidak Dapat Update di Appstore


Jika membeli perangkat iphone dalam keadaan second hand biasanya kalian harus mengganti Apple Id yang ada dengan Apple Id yang kalian miliki. Nah, ada beberapa tips sebaiknya ketika sesudah membeli iPhone dalam keadaan second hand segera di reset pabrik serta melakukan update iOS dan instalasi aplikasi secara manual kembali.

Terkadang ada beberapa aplikasi yang masih terinstall dan terkait dengan Apple ID yang sebelumnya telah log out. Jika terdapat pemberitahuan pembaruan dari aplikasi yang terikat dengan Apple ID sebelumnya, kalian tidak dapat mengunduh pembaruan terbaru dari aplikasi tersebut. Karena Apple ID yang kalian gunakan berbeda dengan Apple ID yang mengunduhnya pertama kali.

Solusi Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi di App Store

Setelah mengetahui beberapa penyebab dasar tidak dapat update aplikasi di app store. Kalian dapat menyimpulkan penyebab yang kalian alami atau kalian memiliki penyebab lain? Kalian dapat berbagi pengalaman kalian melalui kolom komentar dibawah. Selanjutnya, admin akan memberikan beberapa solusi yang dapat kalian coba.

Beberapa langkah yang pernah admin lakukan untuk menyelesaikan masalah ini. Masalah ini tidak terlalu fatal yang berkaitan dengan kesehatan perangkat iPhone. Jadi, tidak perlu panik karena hanya berkaitan dengan koneksi internet ataupun kesalahan pengaturan.

Restart Perangkat

Langkah pertama yang paling mudah dapat kalian lakukan adalah me-restart perangkat iPhone kalian. Karena dengan mengulang kembali perangkat, dapat menjalankan kembali beberapa sistem ataupun sistem yang terhenti, sehingga menyebabkan gagal update.

Jika proses mengulang kembali perangkat telah selesai, kalian dapat mencoba untuk memperbarui aplikasi yang sebelumnya tidak dapat diperbarui. Jika, masih saja tidak dapat memperbarui aplikasi kalian dapat melakukan langkah selanjutnya.

Mengganti Koneksi Internet

Karena ketika hendak memperbarui aplikasi, kalian harus memiliki koneksi internet yang memadai. Karena tanpa koneksi internet, kalian tidak dapat memperbarui aplikasi yang ada di app store. Maka dari itu, jika terdapat trouble dari provider kalian harus mengganti koneksi internet yang kalian gunakan.

Bisa menggunakan koneksi internet dari teman, menggunakan jaringan Wi-fi, ataupun mengganti layanan provider yang kalian gunakan. Tetapi, jika hasilnya masih saja nihil kalian dapat melanjutkan langkah berikutnya.

Login Ulang Apple ID

Ketika mengunduh aplikasi, memerlukan Apple ID untuk dilakukan sinkronisasi. Fungsi Apple ID disini banyak sekali, mulai dari pembayaran, mengakses layanan yang diberikan apple, mengunduh aplikasi di appstore, dan lain - lain. Bisa jadi, salah satu penyebabnya adalah Apple ID yang kalian gunakan bermasalah.

Kalian dapat melakukan log in ulang dengan cara log out terlebih dahulu dan masukkan kembali Apple ID yang kalian gunakan sebelumnya.

Menghapus Aplikasi Yang Tidak Dapat Di Update / Di Perbarui

Ini adalah solusi dari kasus yang admin bahas kali ini, kalian dapat mencobanya di perangkat kalian masing - masing. Pada dasarnya, solusi ini menjawab dari penyebab Aplikasi terikat dengan Apple ID yang berbeda. Misalnya, kalian mengunduh aplikasi dengan Apple ID abcd@gmail.com, kalian tidak dapat memperbarui dengan Apple ID efgh@gmail.com.

Jadi, ketika kalian gagal memperbarui aplikasi di app store (Terutama bukan aplikasi bawaan). Kemungkinan besar ini penyebabnya dan solusinya kalian dapat menghapus aplikasi yang bermasalah tersebut dan mengunduh ulang kembali. Dengan mengunduh ulang kembali, kalian juga akan mendapat versi aplikasi dengan versi terbaru tanpa memperbarui aplikasi kembali. 

Reset Ulang Perangkat

Ini jalan terakhir, jika dari beberapa solusi di atas tidak satupun yang memberikan jalan keluar untuk masalah ini bagi kalian. Maka, selanjutnya adalah mengembalikan perangkat iPhone ke pengaturan pabrik. Hal ini, akan mengembalikan seluruh pengaturan dan konten yang ada di perangkat kalian menjadi bentuk awal atau pengaturan default.

Punya Solusi Lain?

Jika ada beberapa dari kalian yang pernah mengalami masalah seperti ini. Kalian dapat membagikan pengalaman dan solusi kalian melalui kolom komentar di bawah. Beberapa langkah solusi yang admin tulis ada yang berhasil untuk menyelesaikan masalah ini dan ada yang tidak.

Jadi tidak ada salahnya, jika kalian memiliki solusi lain. Kalian dapat menuliskan solusi tersebut di kolom komentar untuk membantu teman - teman yang kesusahan dalam masalah ini.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Masalah Gagal Update Di Appstore"