Ads

2 Cara Menyembunyikan File Dan Folder di Windows 7

Cara menyembunyikan file dan folder - Komputer memang memiliki banyak fungsi, salah satunya yaitu menyimpan data. Data tersebut tersimpan pada ruang penyimpanan yaitu harddisk, harddisk menyimpan data - data secara permanen. Data yang tersimpan-pun bermacam-macam, mulai dari musik, video, dokumen, aplikasi, dan lebih banyak lagi.

Tapi, komputer atau laptop kita pasti terdapat data yang sangat privasi, contohnya file sistem. File sistem yang terdapat pada sistem operasi windows terlindungi oleh sistem keamanan windows. Jadi, kita tidak dapat melihat file sistem tersebut dengan mudah.

Selain file sistem, kita pasti juga memiliki data privasi. Contohnya, seperti dokumen pribadi ataupun file - file pribadi yang kita ingin agar hanya kita saja yang boleh mengakses dokumen atau file tersebut. 

Windows juga menyediakan fitur menyembunyikan folder dan file atau yang kita sebut dengan Hidden folders and files. Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur hidden tersebut, agar data kita aman dan terlindungi?

Terdapat 2 cara menyembunyikan file dan folder yang terdapat pada sistem operasi Windows. Yaitu Hidden dan Super Hidden.

Apa Perbedaanya?

Sebenarnya, kedua cara tersebut tidak jauh beda. Hanya saja, kualitas dari menyembunyikan file dan folder tersebut. Super Hidden menganggap sebuah file atau folder yang di hidden menggunakan Super Hidden sebagai salah satu file sistem pada Windows. 

Jadi, apabila kalian menyembunyikan file atau folder menggunakan Super Hidden maka file dan folder kalian akan di anggap sebagai file sistem. Lalu, bagaimana caranya? Mari kita simak Cara Menyembunyikan File Dan Folder di Windows 7.

1. Cara Hidden Folder Dan File Biasa

Pilih folder atau file yang ingin anda hidden. Saya ambil contoh folder "Test" di atas yang akan saya hidden.

Klik kanan pada file atau folder, lalu pilih Properties.


Nah, nanti akan muncul window seperti diatas. Maka, selanjutnya anda klik "Hidden" pada kotak warna merah yang saya tandai. Jika sudah, maka anda dapat klik "Apply" dan "OK".


Nah, file atau folder yang kita hidden tadi sudah tidak ada, berarti berhasil.

Bagaimana Cara Melihatnya?

Cara melihatnya, yaitu kalian buka Windows Explorer dan cari menu Organize pada pojok kiri atas. Jika sudah ketemu, maka kalian klik menu Folder and search options.


Selanjutnya, nanti akan muncul window dan pilih tab View pada kotak warna merah yang saya tandai.


Lalu, pilih button pada kotak warna merah yang saya tandai bertuliskan Show hidden files, folders, and drives. Jika sudah klik Apply dan OK.

Nah, keliatan kan? folder dan file yang kita hidden tadi.


2. Cara Menggunakan Super Hidden


Langkah pertama, buka CMD dengan menekan tombol "Windows + R", nanti akan muncul kotak RUN dan ketikkan "CMD" lalu enter. Jika sudah maka ketikkan "attrib +s +h lokasi file" contoh : attrib +s +h E:\Folder\Test.


Kita test apakah super hidden bekerja atau tidak. Nah, tidak terlihat kan? bagaimana cara melihatnya?


Scroll dan pilih Hide protectec operating system files (recommended).


Jika muncul window seperti diatas maka klik YES.

Nah itu tadi file dan folder yang kita hidden.


Bagaimana cara disable super hidden? kalian dapat membuka CMD kembali dan ketikkan attrib -s -h lokasi file dan folder. Contoh : attrib -s -h E:\Folder\Test.

Bagaimana mudah bukan? Terima kasih sudah membaca artikel saya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi saya dan anda. Anda dapat membagikan artikel ini dengan menekan tombol share dibawah.

0 Response to "2 Cara Menyembunyikan File Dan Folder di Windows 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel