Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Komputer Hang,Macet,Dan Not Responding


Cara Mengatasi Komputer Hang,Macet,Dan Not Responding - Komputer ataupun laptop yang mengalami not responding pasti tidak akan bisa di operasikan, bahkan anda terpaksa melakukan hard reset pada komputer ataupun laptop anda. Hal ini jika anda lakukan secara terus menerus maka akan menyebabkan kerusakan pada hardware anda. Sehingga, jika hal itu sampai terjadi maka akan memberikan masalah yang besar pada anda.

Baca Juga : 

Apa Penyebab Not Responding?

Virus

Siapa sangka? Virus juga dapat menyebabkan komputer anda menjadi not responding apabila menjalankan aplikasi tertentu. Hal ini karena sifat virus tersebut, yang ingin merusak ataupun mengacaukan kinerja sistem operasi anda. 

Tampilan Desktop Yang Terlalu Banyak Memakan RAM

Tampilan pada desktop sebaiknya normal saja apabila spesifikasi komputer atau laptop anda low - med. Karena nantinya dengan memakai tampilan desktop yang normal saja maka  akan mengurangi beban kinerja RAM. 

Multi Tasking

Melakukan multi tasking sebenarnya seperlunya saja. Hal ini apabila anda melakukan multi tasking terlalu banyak, maka menyebabkan RAM anda bekerja terlalu keras yang apabila anda paksa maka akan menyebabkan hang,macet,not responding.

Aplikasi Yang Tidak Support

Nah, kalau yang ini di karenakan aplikasi yang anda jalankan tidak sesuai dengan sistem operasi ataupun spesifikasi komputer atau laptop anda. Solusi dari masalah ini, sebaiknya anda jangan menjalankan aplikasi yang tidak support tersebut. Walaupun anda coba berkali - kali maka hasilnya pun akan sama.

Solusi Apabila Komputer Anda Hang

Adapun beberapa solusi untuk keluar dari masalah hang pada komputer anda, yaitu.

Melakukan Hard Shutdown

Melakukan hard shutdown adalah cara terbaik apabila komputer atau laptop anda mengalami hang yang tidak dapat melakukan apa - apa. Hard shutdown adalah dengan menekan tombol power dan di tahan selama beberapa detik, maka komputer anda akan mati. Cara ini sangat beresiko apabila dilakukan terus menerus. Jadi, apabila komputer anda mengalami hang terus menerus maka segera lakukan langkah yang lebih serius.

Install Ulang

Lakukan langkah ini apabila komputer anda mengalami hang terus menerus. Install ulang sistem operasi adalah mengganti sistem - sistem utama OS pada komputer anda dengan sistem - sistem yang baru. Sehingga, komputer anda menjadi segar kembali.

Service

Nah, jika langkah ke-1 dan ke-2 tidak manjur. Maka anda perlu tanyakan komputer anda kepada tukang service, karena kemungkinan besar masalah dari hang terdapat pada hardware anda. Jika bukan karena hardware pastinya anda hanya sampai langkah ke-2 saja yaitu install ulang.

Itulah tips dan penyebab komputer atau laptop anda mengalami hang ataupun not responding. Jadi, not responding juga dapat menjadi masalah besar apabila hanya kita diamkan, segera lakukan langkah untuk mengatasi masalah not responding, agar komputer anda tidak semakin parah.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi saya dan anda. Anda dapat membagikan artikel ini dengan menekan tombol share dibawah.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Komputer Hang,Macet,Dan Not Responding"