Ads

5 Cara Mengatasi Komputer Hidup Tetapi Tidak Tampil Di Monitor

Pengguna Komputer pasti pernah mengalami kendala dan masalah - masalah pada komputer pribadi, dari yang butuh penanganan khusus hingga penanganan serius. Komputer juga dapat menjadi tidak sehat jika tidak dirawat dan penggunaannya yang sangat lama. Penyebab terjadinya masalah atau kendala pada komputer dapat bermacam - macam, mulai dari debu yang menempel, tidak dirawat, penggunaan yang terus menerus, dll.

Saya pernah mengalami kendala pada komputer saya. Kendala tersebut sewaktu saya tekan tombol power lalu pada monitor tidak menampilkan apa - apa selain layar bewarna hitam. Lalu, saya membongkar CPU saya dan mengecek beberapa komponen yang saya anggap sebagai penyebab.

Jika komputer anda mengalami kendala yang sama seperti saya, saya rasa anda dapat mengecek beberapa komponen pada CPU seperti pengalaman saya.

Cek Kabel VGA


Jika anda awam dan tidak tau seperti apa itu kabel VGA? Anda dapat melihat gambar diatas. Kabel VGA berfungsi menghubungkan dari GPU (Graphical Processing Unit) ke Monitor melalui kabel VGA tersebut. 

Lalu, bagaimana cara mengecek kabel VGA? Anda dapat menggunakan kabel VGA yang lain lalu anda pasang pada CPU anda dan hubungkan ke monitor, jika hal itu berhasil maka dapat dipastikan terdapat masalah pada kabel VGA anda. Solusi jika terdapat masalah pada kabel VGA yaitu, anda dapat mengganti kabel VGA atau membeli kabel VGA yang baru.

Periksa GPU


Untuk tips yang ini berlaku untuk CPU yang menggunakan GPU eksternal seperti gambar diatas. Cara mengecek GPU anda satu - satunya cara yaitu, dengan melepas GPU anda dari slot mainboard lalu memasang GPU anda ke mainboard yang lain. Ingat, pastikan mainboard yang anda gunakan juga normal.

Jika, GPU anda pasang pada mainboard lain dan anda hubungkan ke monitor akan tetapi masih tidak mau menyala. Kemungkinan besar terdapat masalah pada GPU anda. Solusi untuk masalah ini anda dapat datang ke service center atau toko - toko yang menyediakan jasa service.

Periksa Keadaan Power Supply


Masalah komputer hidup tetapi tidak mau tampil juga dapat disebabkan oleh power supply. Loh kok bisa? Bisa saja, power supply yang tidak sehat akan membuat supply power ke mainboard akan menjadi berkurang atau tidak stabil, sehingga menyebabkan CPU anda hanya dapat hidup saja tetapi tidak dapat tampil pada komputer.

Solusi untuk masalah ini, anda dapat membawa power supply ke tempat service atau membeli baru. Saya sarankan anda untuk membeli power supply yang baru dan berkualitas. Jika CPU anda menggunakan power supply abal - abal, segera ganti power supply yang berkualitas walaupun harga cukup mahal sekitar 500rban - 1jutaan. Anda dapat menggunakan power supply generasi sekarang seperti power supply yang true power.

Cek Monitor Anda


Pastikan power monitor anda sudah hidup dan memasang kabel VGA dengan benar. Bisa saja monitor menjadi salah satu penyebab tidak menampilkan apa - apa. Tetapi untuk kerusakan monitor sangat jarang menurut saya, kecuali jika monitor tersebut jatuh.

Kondisi RAM


RAM juga dapat berpengaruh pada masalah komputer. RAM berfungsi sebagai penyimpanan sementara, adanya debu yang menempel pada slot RAM atau pada RAM juga dapat mendatangkan masalah pada komputer anda. Solusinya, anda dapat membersikan RAM anda dengan penghapus lalu mengusap secara perlahan pada kaki - kaki RAM yang bewarna emas.

Beberapa cara diatas saya tulis berdasarkan pengalaman saya dalam mereparasi komputer. Jika anda mendapat masalah tersebut pada komputer anda. Anda dapat melakukan 5 cara di atas. Terima kasih jika anda sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Selain itu, anda dapat berbagi kepada teman - teman anda melalui tombol share di bawah ini.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Komputer Hidup Tetapi Tidak Tampil Di Monitor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel